Share

Turbulensi Tak Selamanya Menakutkan, Lakukan Ini jika Ingin Tetap Aman

Prisca Arianto, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 549 2751238 turbulensi-tak-selamanya-menakutkan-lakukan-ini-jika-ingin-tetap-aman-CYwzoKAZs5.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MELAKUKAN perjalanan menggunakan penerbangan, tidak menutup kemungkinan bahwa kita mengalami turbulensi, terlebih ketika cuaca sedang tidak bersahabat.

Lantas, apakah arti dari turbulensi? Turbulensi merupakan kondisi ketika kecepatan aliran udara berubah drastis. Hal ini membuat tubuh pesawat akan terguncang, baik itu guncangan ringan maupun guncangan yang kuat.

Jika Anda melihat rekaman baru-baru ini dari penerbangan Hawaiian Airlines yang melukai 36 penumpang karena turbulensi ekstrem, Anda pasti akan merasa sedikit lebih cemas untuk terbang.

Melansir The Sun, seorang pramugari membagikan cerita dalam postingan blog mingguan terbarunya untuk Sun Online Travel.

"Saya benar-benar memahaminya, ini juga menjadi topik hangat di antara kami dan pramugari saat ini. Saya dan semua kolega saya senang , karena kami tidak berada di pesawat itu. Tapi kami terlatih dan siap untuk kemungkinan seperti itu dan Anda juga bisa bersiap," tulisnya.

Infografis Turbulensi Pesawat

Ia mengungkapkan mengapa turbulensi seperti itu tidak seseram kelihatannya, saat pertama kali muncul dan bagaimana cara Anda dapat meminimalkan kemungkinan cedera.

Pertama, perlu dicatat bahwa turbulensi tidak terlalu berisiko bagi pesawat dari luar. Kemungkinan turbulensi benar-benar menjatuhkan pesawat sangatlah kecil, Anda benar-benar tidak perlu khawatir.

Jadi, meskipun berada di atas pesawat pada saat-saat itu bisa menakutkan, perlu diingat bahwa itu akan berlalu, dan kemungkinan besar Anda akan melewatinya tanpa cedera.

Konon, turbulensi masih bisa sangat berbahaya seperti yang terlihat jelas dari rekaman penerbangan Hawaiian Airlines. Namun, yang disadari sedikit orang adalah bahwa risiko terbesar bagi penumpang justru berasal dari dalam kabin, bukan dari luar.

Follow Berita Okezone di Google News

Saat pesawat berguncang hebat, item yang tidak disimpan atau diamankan dengan benar dapat dengan cepat menjadi 'proyektil' membahayakan.

"Jadi pikirkan tentang itu sebelum Anda melepas sepatu pada penerbangan berikutnya. Kaki Anda tidak hanya mengganggu orang lain di atas kapal, tetapi Anda juga bisa mendapatkan pelatih langsung jika Anda mengalami turbulensi yang buruk," ujar awak kabin yang tak diungkap identitasnya itu.

Inilah sebabnya para awak kabin harus menyimpan semua barang milik penumpang dengan benar dan memastikannya terkunci, sehingga tidak terbang manakala terjadi turbulensi hebat.

Infografis Pesawat

Misalnya, botol besar minuman keras yang kita gunakan di kelas bisnis dan kelas satu bisa mematikan jika pesawat mendapat goncangan yang kuat dari luar, jadi kita harus mengamankannya ke dalam troli, yang kemudian diamankan di dapur.

Hal lain yang perlu Anda amankan dalam situasi seperti itu adalah diri Anda sendiri. Jelas menempatkan barang di tempat yang aman itu penting, tetapi mengikat diri Anda sangat penting.

''Saya tahu rekan-rekan yang mengalami gegar otak setelah terlempar ke atap pesawat secara tidak terduga, atau anggota badan patah karena mereka berjalan melalui lorong selama turbulensi yang buruk'', kata dia.

"Beberapa orang berpikir bahwa kami memasang tanda sabuk pengaman tanpa alasan yang jelas sama sekali, tetapi jika kami melakukannya, ada baiknya mengikuti aturan dan mengikatnya. Manusia bisa diterbangkan melalui pesawat, semudah ponsel, atau sepatu. Terakhir, kami sangat menyarankan Anda untuk bepergian dengan tas jinjing Anda," tambahnya.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini