Share

Apa Itu Frittata yang Jadi Santapan Penting Pra Paskah?

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 406 2752157 apa-itu-frittata-yang-jadi-santapan-penting-pra-paskah-A6X89z4BbX.jpg Frittata. (Foto: Bonapetit)

FRITTATA adalah hidangan khas Italia yang miripi telur dadar. Bedanya, cara memasak frittata tidak sepenuhnya dilakukan menggunakan kompor, tetapi ada tahap pemanggangan di oven.

Makanan tradisional yang juga terkenal di Spanyol ini merupakan santapan penting selama pra-Paskah.

Dilansir dari delightcooking, ada sedikit perbedaan antara frittata pada awal penemuannya dengan frittata zaman sekarang. Dulu frittata tidak disajikan dengan daging, hanya ada tambahan keju parut serta beberapa jenis sayuran di dalamnya.

Para sejarawan percaya bahwa resep frittata ditemukan terlebih dahulu daripada telur dadar.

Resep frittata sama simpelnya dengan telur dadar. Makanan ini juga cocok untuk disantap saat makan siang atau malam, karena cenderung disajikan pada suhu ruang, tidak saat panas layaknya telur dadar.

Frittata tradisional khas Italia menggunakan sosis atau ham Italia, paprika manis, keju fontina, bawang putih, bawang merah, garam, merica, dan pala.

Namun, resep ini berbeda untuk setiap negara yang mengadopsi frittata sebagai santapan. Misalnya negara di barat daya biasa menyajikannya dengan cabai, keju pepperjack, dan tambahan babi panggang.

Sementara untuk penyajian yang halal bisa mencampurnya dengan telur, keju, juga matzo ball.

Memang tidak ada resep wajib yang harus diikuti dalam membuat frittata. Tambahan bahan lain, seperti kentang, zucchini, jamur, juga wortel bisa membuat hidangan ini semakin kaya gizi.

Follow Berita Okezone di Google News

Hal yang harus diperhatikan saat memasak frittata adalah memastikan sayuran atau bahan apa pun yang dimasukkan ke dalamnya tidak menambah cairan dalam hidangan tersebut, agar hasil panggangannya tetap dalam kondisi baik.

Jika ingin menambahkan bahan yang mengandung lebih banyak air, harus dikeringkan terlebih dahulu.

Ilustrasi

Penggunaan putih telur lebih disarankan untuk menghindari hidangan frittata berkolesterol tinggi. Rasanya pun tidak akan jauh berbeda dengan menggunakan telur utuh.

Untuk alasan kesehatan, sebaiknya takaran sajian frittata menggunakan satu telur untuk satu porsi per orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini