Share

Targetkan 7,4 Juta Turis Mancanegara, Indonesia Perbanyak Event Kelas Dunia di 2023

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 406 2752994 targetkan-7-4-juta-turis-mancanegara-indonesia-perbanyak-event-kelas-dunia-di-2023-ZCyoEOJYjG.jpg Wisatawan mancanegara di Pantai Kuta, Bali. (Foto: ANTARA)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa pemerintah akan menggelar berbagai kegiatan internasional untuk mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini sebanyak 7,4 juta orang.

“Targetnya (kunjungan wisman) dikali dua. Tahun lalu di 3,6 (juta), tahun ini wisman di 7,4 (juta). Salah satu strateginya adalah menggelar event-event kelas dunia dengan skala internasional,” ujar Sandi usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Sandiaga mengatakan pemerintah sedang menghitung dengan cermat anggaran untuk menggelar berbagai event internasional agar berbanding lurus dengan penerimaan devisa dari pariwisata.

 BACA JUGA:Kemenparekraf Dapat Pagu Anggaran Rp3,38 Triliun untuk 2023, Angela Tanoesoedibjo Beberkan Rinciannya

“Jadi betul-betul ini akan kita hitung secara cermat agar anggaran ini tepat sasaran dan tepat manfaat,” ujarnya seperti dilansir dari ANTARA.

 

Dia mengatakan khusus dari sport tourism, pemerintah menargetkan bisa mendapatkan devisa sebesar 500 juta dolar AS.

 BACA JUGA:Sandiaga Paparkan Capaian Kemenparekraf Selama 2022 di Depan Komisi X DPR RI

Pada tahun 2023 setidaknya akan ada empat kegiatan olahraga berskala internasional di tanah air.

Sandi mengatakan pada akhir Februari akan ada kejuaraan F1 Powerboat, yang sudah dipersiapkan, dan diharapkan akan menarik 25 ribu wisatawan, serta menggerakkan ekonomi setempat di Danau Toba.

Follow Berita Okezone di Google News

Selanjutnya, kata Sandi, akan ada perhelatan FIFA World Cup U-20 yang juga dipersiapkan sehingga Indonesia selain bisa mendapatkan peningkatan prestasi namun juga memperoleh dampak dari sisi ekonomi.

Selain itu juga akan ada FIBA World Cup yang diikuti 8 negara di lapangan indoor multisports arena yang baru saja dibangun, serta ANOC World Beach Games di Bali pada Agustus 2023 yang akan mengundang 205 negara.

 Ilustrasi

“Jadi kegiatan-kegiatan ini berdampak langsung pada lama tinggal wisatawan dan juga dampak ekonomi pada ekonomi Bali dan setempat. Ini yang kita harapkan bisa mempercepat pemulihan khususnya di sektor pariwisata,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini