Share

Targetkan 1,2 Juta Wisman Tahun Ini, Kepri Dorong Bandara Tanjungpinang Naik Kelas

Antara, Jurnalis · Senin 20 Februari 2023 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 20 406 2768064 targetkan-1-2-juta-wisman-tahun-ini-kepri-dorong-bandara-tanjungpinang-naik-kelas-AOCQn75YgW.JPG Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Kepri (Foto: Instagram/@tnjairport)

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menargetkan sebanyak 1,2 kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman pada 2023 seiring makin membaiknya situasi pandemi Covid-19.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan angka tersebut realistis dicapai, karena berkaca dari angka kunjungan wisman Kepri pada 2022 sebanyak 700 ribu orang atau naik drastis dibanding 2021 sebanyak 3.103 orang.

"Sebelum pandemi kunjungan wisman Kepri di kisaran 2,5 juta orang, tapi saat ini kita harus realistis mengingat pariwisata baru saja mulai bangkit," kata Ansar melansir ANTARA.

Menurut dia, pariwisata Kepri selama periode 2020-2021 memang terpuruk dampak pandemi, namun di pertengahan 2022 mulai menunjukkan kebangkitan setelah pintu masuk wisman kembali dibuka oleh pemerintah pusat.

Apalagi, menurut Ansar, pemerintah pusat telah mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di akhir tahun 2022, sehingga tentu akan berdampak terhadap geliat pariwisata di Kepri.

Infografis Destinasi Wisata Super Prioritas

Hal itu dipastikan menjadi angin segar bagi para pelaku industri pariwisata, sebab pencabutan PPKM menandakan bahwa Kepri aman dan nyaman dikunjungi wisman.

"Pintu-pintu masuk utama wisman ke Kepri sudah siap menyambut wisman, seperti Tanjungpinang, Batam, Bintan, dan Karimun," ujar Ansar.

Beberapa kendala yang dapat menghambat pergerakan kunjungan wisman ke Kepri, katanya, akan segera dicarikan solusi.

Salah satunya mengusulkan peningkatan status Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang menjadi skala internasional.

Dengan begitu akses penerbangan lintas negara dapat terealisasi, mengingat tahun ini direncanakan ada 400 ribu wisman asal China yang akan berkunjung ke Lagoi, Kabupaten Bintan.

Follow Berita Okezone di Google News

"Penerbangan internasional sangat dibutuhkan supaya wisman China bisa langsung mendarat ke Pulau Bintan melalui Bandara RHF Tanjungpinang," ucap Ansar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Dinas Dinas Pariwisata Kepri Afitri Susanti menyampaikan pihaknya telah menyiapkan kalendar wisata untuk mendongkrak kunjungan wisman 2023.

Berbagai acara wisata telah dirangkum dari usulan tujuh kabupaten/kota se-Kepri. Totalnya ada sekitar 147 usulan kalendar wisata hingga awal 2023.

Ia menyatakan kalendar wisata Kepri tahun ini masih mengandalkan kearifan lokal seperti wisata alam dan budaya, wisata olahraga atau sport tourism, hingga wisata kemaritiman.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Sejumlah agenda wisata bertaraf internasional juga akan digelar, salah satunya Tour de Bintan di Kabupaten Bintan yang pada 2022 diikuti ratusan peserta dari 33 negara.

"Kalendar wisata tahun ini dikemas dengan beragam inovasi guna memancing lebih banyak wisman datang ke Kepri," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya bersama asosiasi hingga pelaku perjalanan wisata lokal dan internasional gencar berkolaborasi mempromosikan dunia pariwisata di Kepri, 'Bumi Segantang Lada'.

"Kita optimistis pariwisata Kepri tahun ini kembali menggeliat," ucapnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini