Share

Kenapa Pontianak Dijuluki Kota Khatulistiwa? Simak Penjelasannya

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2023 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 13 406 2780485 kenapa-pontianak-dijuluki-kota-khatulistiwa-simak-penjelasannya-CDx0R2Dw8j.jpg Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: ANTARA)

KENAPA Pontianak dijuluki Kota Khatulistiwa? Pertanyaan itu sering dilontarkan oleh banyak orang, terutama masyarakat awam.

Pontianak merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat sekaligus pusat pemerintahan serta perekonomian Kalbar.

Pontianak yang berada di delta Sungai Kapuas termasuk kota terpadat kelima di Pulau Borneo atau Kalimantan setelah Samarinda, Balikpapan, Kuching dan Banjarmasin.

 BACA JUGA:

Mengutip dari laman resmi Pemkot Pontianak perihal kenapa Pontianak dijuluki sebagai Kota Khatulistiwa karena kota ini memang dilalalui oleh garis ekuator atau khatulistiwa. Di utara Kota Pontianak tepatnya di Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun tepat di lokasi yang dilalui garis khatulistiwa.

Garis lintas 0 derajat ini melintasi persis di atas kota ini sehingga disebut sebagai Kota Khatulistiwa. Karena kota ini dilalui khatulistiwa, sehingga suhu panasnya lebih tinggi dibanding di kota lainnya. Tak hanya itu, garis khatulistiwa yang berada tepat di atas kepala menyebabkan benda apapun tidak memiliki bayangan.

 Ilustrasi

Selain itu, Pontianak juga memiliki julukan sebagai Kota Seribu Parit karena saat datang ke kota ini Anda akan menyaksikan parit-parit di berbagai sudut kota. Parit tersebut bisa ditemukan tak hanya di desa tapi juga di jalan raya.

 BACA JUGA:

Selain itu, Pontianak juga dikenal sebagai Kota Seribu Warung Kopi karena disetiap sudut kota terdapat banyak warung kopi. Mulai dari yang tradisional hingga modern

Dan yang terakhir, pontianak juga disebut sebagai Kota Bersinar. Nama Bersinar sendiri bukan karena cahaya dari kota ini, tapi Pontianak memiliki arti Bersih, Sehat, Indah, Aman, dan Ramah.

Follow Berita Okezone di Google News

Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 km persegi, dengan penduduk pada 2021 berjumlah 672.440 jiwa. Di utara Kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis ekuator itu.

Kota yang dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak ini didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada tahun 1771.

Nama Pontianak sendiri berasal dari cerita rakyat tentang Ayunan Anak yang berada di sekitar Masjid Jami. Ayunan ini biasa dimainkan oleh anak-anak yang keluarganya bekerja.

 

Cerita lainnya, dahulu di Pontianak terdapat banyak pohon punti atau ponti. Ponti sendiri merupakan pohon tinggi dan besar. Penyebutan pohon ponti ini berasal dari Habib Husein bin Abdurrahman Alaydrus kepada Syarif Yusuf Alkadrie.

Pontianak sendiri memiliki banyak destinasi wisata menarik mulai dari Tugu Khatulistiwa, Masjid Raya Mujahidin, berbagai pantai, dan masih banyak lagi.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini