Share

4 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba di Wakatobi

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2023 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 31 406 2790888 4-aktivitas-seru-yang-wajib-dicoba-di-wakatobi-IGGYtWeDca.jpg Deretan aktivitas seru yang harus kamu coba saat mengunjungi Wakatobi. (Foto: MNC Media)

WAKATOBI merupakan salah satu surga bahari terindah dunia yang berada di Indonesia. Terletak di Sulawesi Tenggara, destinasi satu ini menyimpan banyak sekali hal magis yang bisa dieksplorasi, dari wisata bawah laut, pantai, budaya, hingga peninggalan bersejarah.

Kawasan ini juga sudah ditetapkan pemerintah sebagai satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia, sejak tahun 2016. Data Taman Nasional Wakatobi menunjukkan, 90 persen jenis karang di dunia terdapat di sini.

Lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Wakatobi? Berikut bocorannya untuk Anda.

1.Menyelam

Taman Nasional Wakatobi ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO, pada 2012. Perairan Wakatobi menyimpan 750 dari total 850 jenis koral di dunia. Hal ini membuat kawasan ini menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia. 

2.Bertemu Lumba-Lumba

Wakatobi merupakan tempat terbaik untuk berburu lumba-lumba. Karena kawanan mamalia laut cerdas ini akan menyapa Anda di pagi hari. Namun untuk bisa melihat lumba-lumba ini, Anda perlu berlayar selama 15 menit menuju Pulau Wangi Wangi.

3.Mengintip Kampung 'Manusia Laut'

Suku Bajo terkenal dengan sebutan 'manusia laut' atau manusia 'gipsy sea' di mana mereka lahir, tumbuh, dan hidup di lautan. Mereka bahkan memiliki pengetahuan navigasi laut dengan mengandalkan bintang. Masyarakat Suku Bajo juga memiliki kemampuan menyelam hingga kedalaman 25-50 meter tanpa memakai alat bantu selam.

4.Mengunjungi Desa Liya Togo

Wakatobi juga memiliki Desa Wisata Liya Togo yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat lebih dekat kehidupan masyarakat lokal. Desa yang terletak di Kecamatan Wangi Wangi Selatan itu memiliki keragaman budaya dan situs peninggalan sejarah.

Saat mengunjungi desa ini, Anda diharuskan mengenakan sarung kain tenun khas masyarakat Liya Togo. Untuk pria, biasanya kain dililitkan pada pinggang dengan panjang di bawah lutut, sedangkan kaum perempuan mengikatkan sarung ke salah satu pundak.

Bagi Anda yang ingin membuktikan keindahan dan budaya Wakatobi yang eksotis, bisa mewujudkannya bersama Mister Aladin. Ada diskon hingga Rp500.000 untuk terbang ke beragam destinasi prioritas Indonesia, salah satunya Wakatobi.

Informasi mengenai promo ini dapat diakses melalui laman https://www.misteraladin.com/promotions/kelilingnusantara

Follow Berita Okezone di Google News

(SIS)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini