berita terbaru
  • Perang Kotoran Sapi, Semua Happy karena Merasa Diberkahi

    Bagi sebagian besar orang melempar kotoran sapi bukanlah perbuatan benar. Namun, budaya India menempatkan kotoran sapi sebagai sesuatu yang penting dan berharga. Kotoran sapi sangat dihormati, sehingga bisa digunakan bahan produk kecantikan. Pada perayaan Gorehaba, kotoran sapi yang diberkati diletakkan di daerah terbuka di Gumatapura. Para pemuda kemudian berebut menyiapkan kotoran sapi sebagai peluru. Perang besar pun berlangsung seru dengan serpihan kotorang beterbangan di mana-mana. Bagi peserta Gorehaba melempar atau terkena lemparan kotoran sapi adalah keberkahan. Mereka percaya jika disentuh, kotoran sapi yang diberkati dapat mencegah penyakit.

    27 November 2020
  • Pantai Lampuuk, Destinasi Wisata Favorit Keluarga

    Pantai Lampuuk di Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, menjadi favorit wisatawan. Tak hanya dari Aceh, tapi juga dari luar kota. Keindahan pantai yang menghadap langsung Samudera Hindia ini memang tak bisa dipungkiri Dari bibir Pantai Lampuuk, pengunjung bisa melihat jelas tebing nan indah dihempas gelombang Pantai ini juga sangat bersahabat untuk keluarga lantaran ombaknya relatif tenang Kontributor : Syukri Syarifuddin

    25 November 2020
  • Air Terjun Blang Kolam, Surga di Pedalaman Aceh Utara

    Air Terjun Blang Kolam menjadi favorit wisatawan. Lokasinya di Desa Panton Rayeuk Satu, Kuta Makmur, Aceh Utara. Keberadaan air terjun ini tertutupi oleh hutan belantara. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30 menit. Warga harus rela turun dan naik ratusan tangga untuk tiba di lokasi air terjun. Kaum muda penyuka tantangan dapat menguji nyali dengan loncat dari tebing setinggi 4 meter. Sebagian warga bersantai duduk di atas bebatuan sembari menikmati keindahan alam. Objek wisata Air Terjun Blang Kolam pernah ditutup karena banyak pelanggaran syariat Islam. Namun, sekarang telah dibuka kembali dan warga mulai ramai berkunjung. video travel, travel, air terjun, air terjun blang kolam, surga di pedalaman aceh utara, pedalaman aceh utara, aceh utara, desan panton rayeuk satu, kuta makmur, hutan belantara, Blang Kolam

    25 November 2020
  • Viral, Bakso Cak Pitung Dibanjiri Ribuan Pengunjung Setiap Hari

    Bakso Cak Pitung di Kelurahan Gajah Magersari, Sidoarjo, viral di sosial media. Setiap harinya, ratusan hingga seribu lebih pengunjung datang untuk menyantap bakso. Tak jarang, warga terpaksa harus mengantre hingga 30 menit untuk mendapat giliran. Meski ramai pengunjung, penjual bakso tetap menerapkan protokol kesehatan. Banyaknya varian bakso menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Terdapat sembilan varian di antaranya bakso daging kasar, halus, bakso keju, udan, dan jamur. Bakso Nano-Nano isi daging, jamur, telur, dan udang adalah menu favorit Bakso Cak Pitung. Harga satu mangkok Bakso Cak Pitung Rp15.000 ribu hingga Rp24.000.

    24 November 2020
  • Unik, Kedai Kopi Ini Pekerjakan Barista dan Karyawan Difabel

    Keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang untuk berkarya. Ahmad Hilmy Almusawa, 22 tahun, contohnya. Meski dengan keterbatasan fisik, ia membuat kedai kopi di garasi rumahnya. Uniknya lagi, kedai Mata Hati Kopi mempekerjakan barista dan karyawan tunanetra. Kopi yang ditawarkan di kedai ini pun cukup beragam. Mulai Kopi Susu Gula Aren, Killer Brew, Vietnam Drip, V-sixty, Japanese Iced Coffee, dan sebagainya. Selain kopi ada juga makanan siap saji yang ditawarkan. Kedai kopi yang berdiri sejak Februari lalu ini, buka setiap hari. Mulai pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB. Harga kopi beragam tergantung jenis dan cara pembuatannya.

    24 November 2020
  • Pantai Babah Kuala, Spot Sempurna Menikmati Matahari Terbenam

    Keindahan pantai di sepanjang bibir laut Kabupaten Aceh Besar selalu menyihir banyak orang. Salah satu pantai yang pas untuk menyaksikan sunset adalah Pantai Babah Kuala. Lokasinya di Desa Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Pengunjung akan dimanjakan hamparan pasir putih dan laut menghadap langsung Samudera Hindia. Berbagai kepenatan akan hilang terbawa butiran ombak pantai. Untuk sampai di Pantai Babah Kuala hanya butuh waktu 20 menit dari pusat Kota Banda Aceh. Banyak spot foto di Pantai Babah Kuala bagi pecinta foto dan penikmat sunset. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat tukik liar di atas hamparan pasir putih.

    23 November 2020
  • Pantai Tanjung Berikat, Surga di Ujung Pulau Bangka

    Surga di ujung Pulau Bangka, itulah julukan paling tepat untuk Pantai Tanjung Berikat Lihat saja, hamparan keindahannya begitu memikat. Berwisata ke sini bisa Anda lakukan bersama kekasih, keluarga, atau teman dengan berkemah. Segarnya udara pantai seolah menyapu segala kepenatan pikiran. Apalagi di kawasan Pantai Tanjung Berikat ini juga banyak pohon rindang. Paling pas untuk bersantai sambil menikmati bekal makanan.

    21 November 2020
  • Nikmatnya Tempoyak Durian Palembang, Bikin Banyak Orang Ketagihan

    Salah satu kuliner khas Sumatera Selatan adalah Tempoyak. Makanan hasil fermentasi buah durian yang matang. Di Palembang, tempoyak diolah menjadi sambal, pepes ikan, hingga pindang. Rasanya nikmat membuat orang ketagihan menyantap pepes dan pindang tempoyak Tempoyak biasanya dibuat oleh pedagang durian terutama saat musim durian tiba.

    21 November 2020
  • Museum Angkut Punya Koleksi 300 Angkutan Tradisional dan Modern

    Museum Angkut di Kota Batu, Jawa Timur, memiliki koleksi lebih dari 300 angkutan tradisional dan modern. Museum ini menjadi destinasi wisata yang menarik di masa adaptasi kebiasaan baru. Pengelola dan pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

    20 November 2020
  • Menyambut Kelahiran Bayi Badak yang Terancam Punah

    Para Konservasionis antusias menyambut kelahiran bayi badak terancam punah di Kebun Binatang Chester Inggris. Kampanye pun diselenggarakan guna menemukan nama untuk sang bayi badak. Inilah bayi Badak Hitam Timur yang baru lahir dari sang induk bernama Ema Elsa. Meski baru lahir bayi badak ini tergolong sehat. Gerakannya lincah dan postur tubuhnya bagus. Para Konservasionis telah menanti 15 bulan lamanya kelahiran sang bayi. Mereka antusias lantaran populasi badak terbilang nyaris punah. Saat ini jumlahnya populasinya kurang dari 1.000 ekor.

    18 November 2020
  • Jalan-Jalan ke Aceh Wajib Mampir ke Warung Kopi Solong Legendaris

    Warung Kopi Solong dikenal sebagai kedai kopi legendaris di Kota Banda Aceh. Di tempat ini pengunjung akan disuguhi kopi dengan cita rasa khas. Juga suasana warung kopi tradisional Aceh Di Warung Kopi Solong terdapat dua jenis kopi favorit pelanggan, kopi hitam dan sanger. Keduanya memiliki cita rasa spesial berbeda dengan kopi di warung-warung lain Pengunjung juga disuguhi berbagai kue khas Tanah Rencong seperti timpan dan ketan. Segelas kopi ditawarkan dengan harga Rp7.000 hingga Rp19.000. Warung Kopi Solong dirintis Muhammad Saman pada 1974 dan kini dikelola Nawawi

    17 November 2020
  • Jumlah Wisatawan ke Labuan Bajo Naik Drastis

    Perlahan tapi pasti, jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo naik drastis. Peningkatan terjadi sejak dibukanya Taman Nasional Komodo pada 15 Agustus lalu Sepanjang tahun 2020, jumlah kunjungan lebih dari 20.000 wisatawan. Menariknya, kunjungan didominasi wisatawan mancanegara Wisatawan datang ke Labuan Bajo untuk mencari ketenangan dan inspirasi. Sejumlah influencer dan artis mulai berlibur ke Labuan Bajo di masa new normal Labuan Bajo akan terus menjadi destinasi wisata unggulan. Apalagi setelah diterapkannya protokol kesehatan, keamanan, dan keselamatan Reporter: Dhimas Andhika Fikri

    17 November 2020
  • Tingkatkan Daya Tahan, Bandrek Diburu Pembeli Selama Pandemi

    Kedai di Jalan Mata Ie, Kabupaten Aceh Besar ini menyediakan Bandrek. Minuman berbahan rempah Aceh ini banyak diminati, karena berkhasiat meningkatkan imun tubuh. Minuman Bandrek tersedia di Kedai Pisban Harapan. Nama Pisban merupakan singkatan pisang bandrek yang menjadi menu utama. Bandrek kaya akan rempah seperti jahe, kayu manis serta cengkeh. Minuman ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan. Warga juga percaya Bandrek mampu menangkal virus Corona. Harganya pun terjangkau, Rp5 ribu untuk segelas bandrek murni. Rp10 ribu untuk bandrek susu telur dan Rp8 ribu untuk bandrek susu. Kontributor : Syukri Syarifuddin

    16 November 2020
  • Festival Diwali di India Dibayangi Ledakan Kasus Covid-19

    Festival Diwali menjadi salah satu ajang promosi bagi pelaku bisnis di India. Para pedagang dari berbagai wilayah biasanya menangguk untung besar. Lantaran jumlah pengunjung festival yang membeludak. Para pengunjung memburu bunga, permen, manisan, buah-buahan, lilin dan lampu. Namun pemerintah India khawatir festival menjelma menjadi klaster baru Covid-19. Karena itulah warga India diminta merayakan festival di rumah. Hingga akhir pekan kini, India melaporkan 8.7 juta kasus positif Covid-19. Jumlah ini tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

    16 November 2020
  • Menikmati Indahnya Pesona Pantai Lhok Mee

    Berwisata ke Provinsi Aceh selama pandemi Covid-19 bisa mecoba wisata Pantai Lhok Mee. Pantai ini terletak di Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar Aceh Pantai pasir putih yang terletak di wilayah paling barat Indonesia ini tengah menjadi primadona. Keunikan pantai ini terkenal dengan pasir putihnya dan pohon yang tumbuh di dalam air laut Pantai Pasir Putih Lhok Mee terletak 40 km dari pusat Kota Banda Aceh. Atau sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi Biaya masukya termasuk murah meriah cukup membayar lima ribu rupiah saja per orang. Berwisata ke pantai Lhok Mee ini anda tak perlu khawatir kelaparan. Pengelola menyediakan fasilitas pondok makanan dengan menu yang beragam

    14 November 2020
  • Lembah Brayeun, Surga Tersembunyi di Lereng Pegunungan Aceh Besar

    Pemandian irigasi Brayeun jadi wisata air populer selama pandemi Covid-19. Sungai ini berada di Lembah Brayeun, Kecamatan Leupung, Aceh Besar. Sungai Breyeun bak surga kecil yang tersembunyi di lereng pegunungan. Selain bermain air, pengunjung dimanjakan panorama gunung menjulang di sisi kanan kiri serta hawa segar dari rimbun pepohonan hijau. Tersedia perahu karet bagi pengunjung yang ingin menyusuri Sungai Brayeun. Perahu karet disewakan Rp40.000 per jam, ban pelampung Rp10.000. Untuk masuk ke wisata Lembah Brayeun, tiketnya hanya Rp5.000 per orang. Wisata Brayeun bisa diakses lewat perjalanan darat sekitar 30 menit dari Kota Banda Aceh.

    14 November 2020
  • Berwisata Sembari Uji Adrenalin di Sungai Bawah Tanah Goa Sumitro

    Goa Sumitro di Perbukitan Menoreh, Yogyakarta, menjadi destinasi wisata baru yang fenomenal. Wisatawan dapat menelusuri goa dan sungai bawah tanah dengan kano. Untuk mencapai goa, pengunjung harus menuruni tebing sedalam 15 meter. Begitu kaki menginjak bebatuan di lantai goa, kita bisa langsung mengeksplore seisi goa. Meski menegangkan, namun kita bisa melihat langsung keindahan stalaktit dan stalagmit. Pemandangan lebih menakjubkan akan ditemui saat tiba di goa utama. Hamparan stalaktit dan stalagmit maupun tirai goa terpampang di depan mata. Setelah puas menikmati keindahan goa, perjalanan dilanjutkan menyusuri sungai bawah tanah. Kita bisa menggunakan kano menyusuri sungai berkedalaman antara 30 cm hingga 4 meter. Di sepanjang perjalanan lorong goa ini, kondisi gelap karena tidak ada cahaya matahari yang masuk. Destinasi yang baru dibuka ini menjadi pilihan alternatif berwisata di Perbukitan Menoreh. Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin, wisata Goa Sumitro bisa menjadi pilihan.

    13 November 2020
  • Makyus, Makan Durian Langsung dari Pohonnya di Subang

    Setiap libur tiba, kebun durian di Desa Bunihayu, Subang ini selalu penuh wisatawan. Di sini, pengunjung dapat menikmati aneka jenis durian yang dipetik langsung dari pohon. Antara lain Durian Cane, Durian Monthong, Durian Matahari, Durian Petruk, dan Durian Lokal. Durian Cane menjadi primadona wisatawan di sini. Selain rasanya manis, Durian Cane memiliki kulit tipis dan daging yang tebal. Harganya pun terbilang murah, mulai dari Rp35.000 hingga Rp100.000 per buahnya. Selain makan di tempat, pengunjung juga bisa membawa pulang durian untuk oleh-oleh.

    13 November 2020
  • Menikmati Keindahan Kincir Angin Raksasa di Bukit Jeneponto

    Kincir angin raksasa PLTB Tolo Satu Jeneponto jadi destinasi wisata favorit warga. Warga datang sore hari untuk menikmati matahari terbenam. Pengunjung bisa berswafoto di atas bukit yang dihiasi taman bunga berlatar kincir angin raksasa. KincirAngin KincirAnginRaksasa BukitJeneponto Wisatawan

    7 November 2020
  • Penuh Tantangan, Menaklukkan Puncak Mega Puntang

    Medan yang menantang menjadi alasan utama para pendaki menaklukan Gunung Puntang di Kabupaten Bandung. Butuh waktu 4 jam menuju puncak gunung dengan ketinggian 2.222 mdpl tersebut. Salah satu medan yang sulit ditaklukkan saat mendaki Gunung Puntang adalah tanjakan cacing. Di sini para pendaki harus merangkak, menggapai batu atau akar, di kemiringan 80 derajat. Lewat dari tanjakan cacing, para pendaki akan mencapai pos 1 di ketinggian 2.000 meter. Rasa lelah pun akan terbayar dengan hamparan alam memukau di Puncak Mega terutama saat sunrise.

    5 November 2020
  • Festival Lampu Tandai Pemberlakuan Lockdown di Inggris

    Jelang lockdown, festival lampu digelar di Oxford Street, London, Senin 2 11 2020 . Sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang telah membantu orang lain selama pandemi. Salah satunya Annies Ali, sukarelawan NHS yang namanya terpasang di spanduk dengan lampu berkilauan di pusat kota London. Lockdown di Inggris akan dimulai pada Kamis, 5 November hingga Rabu 2 Desember 2020. Saat ini di Inggris tercatat 1 juta kasus Covid-19 dengan 45 ribu orang meninggal dunia.

    5 November 2020
  • Kuliner Unik Bakso Diet Diburu Konsumen, Ini Awal Mulanya

    Jajanan bakso sudah sangat familiar di tengah masyarakat. Namun, bakso diet tentu terbilang masih baru. Ya, penjual bakso di Jalan Veteran Kota Bojonegoro menyajikan menu unik ini. Disebut bakso diet lantaran bahan dasar bakso terbuat dari daging tanpa campuran tepung. Lahirnya bakso diet berawal dari permintaan pelanggan yang sedang program diet namun tetap ingin bisa menyantap bakso. Pemilik warung bakso kemudian membuatkan bakso tanpa kandungan karbohidrat dan dicampur sayuran serta protein hewan. Siapa sangka menu bakso diet kini diburu para pelanggan. Harga bakso diet relatif terjangkau, yaitu Rp15.000 seporsi.

    5 November 2020
  • Eksotisme Goa Ngerong yang Dihuni Ribuan Ikan dan Kelelawar

    Bosan dengan suasana liburan yang begitu-begitu saja, Goa Ngerong dijamin memberikan pengalaman berbeda. Goa ini menyuguhkan ketenangan bagi pengunjung yang mendambakan suasana alam. Sambil refreshing, pengunjung dapat merasakan asyiknya memberi makan ribuan ikan. Di lokasi pertama dekat pintu masuk pengunjung akan disuguhi perahu karet untuk bermain air. Wahana ini cukup aman bagi anak-anak karena kedalaman air dangkal dan arusnya bersahabat. Masuk ke dalam, pengunjung dapat menikmati indahnya goa alam yang seluruh dinding dan atapnya dipenuhi kelelawar. Sementara lantai gua merupakan sungai bawah tanah yang menjadi habitat ribuan ikan serta kura-kura raksasa. Menurut mitos, Goa Ngerong merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Saat itu, seorang Adipati menggali tanah untuk mencari sumber mata air karena Tuban dilanda kemarau panjang. Setelah ditemukan sumber mata air, maka dialirkan keluar melalui mulut goa. Setelah ditemukan sumber mata air, maka dialirkan keluar melalui mulut goa. Namun sang Adipati dan prajuritnya melanggar pantangan sehingga dikutuk menjadi ikan. Cerita ini cukup diyakini warga sekitar sehingga tidak ada yang berani mengambil ikan di Goa Ngerong. Reporter: Pipiet Wibawanto

    5 November 2020
  • Machu Picchu Kembali Dibuka setelah 8 Bulan Tutup Akibat Pandemi

    Jika Anda berkunjung ke Peru jangan lupa mampir ke situs Benteng Machu Picchu. Benteng Machu Picchu kembali dibuka setelah hampir delapan bulan lockdown karena pandemi. Situs Benteng Suku Inca ini dibuka dengan Upacara Lampu. Meski dibuka kembali, Protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Salah satunya kapasitas pengunjung hanya 30 persen per hari. Machu Picchu merupakan peninggalan kerajaan Inca. Destinasi wisata ini masuk daftar situs warisan dunia UNESCO sejak 1983.

    5 November 2020
  • Tak Hanya Wisata Telaga Sarangan, Magetan Punya Mojosemi Forest Park

    Kabupaten Magetan di Jawa Timur tak hanya terkenal dengan wisata Telaga Sarangan. Mojosemi Forest Park di Plaosan bisa menjadi pilihan lain jika mampir ke kota ini. Di antara ribuan Pohon Pinus, para pengunjung akan disuguhi berbagai wahana yang menghibur. Atraksi Dinosaurus menjadi andalan Mojosemi Forest Park. Selain atraksi Dinosaurus, wisatawan juga bisa menikmati wahana lain seperti menunggang kuda. Kemudian permainan tali di atas pohon, flying fox, dan jeep off road ATV. Guna menarik pengunjung saat pandemi, pengola menurunkan harga tiket dari Rp20 ribu menjadi Rp10 ribu.

    4 November 2020
  • Indahnya Pulau Ketawai dengan Pasir Putih dan Laut Biru Nan Jernih

    Indah nan eksotik, itulah gambaran Pulau Ketawai di Bangka Belitung. Gugusan pulau kecil ini menyimpan sejuta panorama cantik. Pemandangan alam yang masih alami siap menyambut Anda yang ingin mencari tempat nyaman tanpa keramaian. Pasir putih dipadu dengan biru laut nan jernih. Desir angin sepoi-sepoi membuat tempat wisata ini begitu sempurna. Jika cuaca cerah pengunjung bisa menikmati sunset yang memukau. Pulau Ketawai juga menyimpan keindahan bawah laut dengan beragam jenis ikan dan terumbu karang. Tak hanya itu pengunjung juga bisa memacu jet sky mengelilingi pulau-pulau mungil di sini. Untuk ke Pulau Ketawai pengunjung bisa memulai perjalanan dari Pantai Pan Semunjur. Pengunjung dapat menyewa perahu nelayan dengan kapasitas 10 orang. Dengan biaya sewa Rp1 juta untuk rute pulang dan pergi.

    2 November 2020
  • Vakum 7 Bulan, Tari kecak Kembali Dipentaskan di Pura Luhur Uluwatu

    Vakum 7 bulan akibat pandemi, pertunjukan kolosal Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu kembali dipentaskan. Ratusan wisatawan domestik dan asing pun antusias menyaksikan pertunjukan ini. Standar protokol kesehatan pun diterapkan terhadap pengunjung dan penari. Pengunjung wajib mengenakan masker, mencuci tangan dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh Jumlah pengunjung juga dibatasi, hanya 1 3 dari total 1.200 kapasitas saat situasi normal. Para penari juga wajib mengenakan masker.

    2 November 2020
  • Wisata Bali Tempo Dulu Diminati Wisatawan

    Meski masih berupaaya bangkit di tengah terpuruknya bisnis wisata saatpandemi Covid-19, nyatanya bali masih menjadi surganya wisata di Indonesia. Tempat wisata ini menawarkan konsep unik yaitu menikmati sensasi wisata berkemah di tengah-tengah sawah. Wisatawan yang menginap diperekanankan beraktivitas layaknya masyarakat bali tempo doeloe.

    1 November 2020
  • Pesona Waduk Cirata, Tempat Wisata Sekaligus Budidaya Ikan di Jawa Barat

    Waduk Cirata terletak di tiga kabupaten Bandung Barat, Cianjur dan Purwakarta. Danau buatan seluas 43.000 hektare ini membendung aliran Sungai Citarum. Waduk Cirata dibangun sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk Pulau Jawa. PLTA ini memiliki konstruksi power house di bawah tanah berkapasitas 8 x 26 megawatt Total kapasitas terpasang 1.008 megawatt, produksi listrik 1.428 giga watthour per tahun. Waduk Cirata juga jadi tempat wisata dan budidaya ikan air tawar. Waduk ini dikenal sebagai penghasil ikan air tawar terbesar di Jawa Barat. Ikan ditebar waduk ini tumbuh dengan makanan alami dan pakan khusus, ada sekitar 5 ribu pembudidaya dengan total 70 ribu petak kolam ikan di Waduk Cirata. Pembeli ikan budidaya Waduk Cirata datang dari berbagai daerah

    1 November 2020
  • 23 Ribu Wisatawan Padati Ancol, Puluhan Orang Terjaring Razia di Kota Tua

    Libur panjang dan cuti bersama, Taman Impian Jaya Ancol dipenuhi ribuan warga. Sejumlah aktivitas mereka lakukan bersama keluarga termasuk bermain di pantai. Pada Kamis 29 10 sore jumlah pengunjung Ancol tercatat sedikitnya 23.000 pengunjung. Meski demikian, pengelola Ancol tetap menerapkan kapasitas maksimal 25%. Pengelola Ancol sempat memberlakukan buka tutup bagi pengunjung. Sementara itu, kawasan Kota Tua di Jakarta Barat ramai dikunjungi wisatawan. Petugas menjaring sejumlah pengendara serta pengunjung pelanggar protokol kesehatan. Para pelanggar didata lalu disanksi denda atau membersihkan sampah di Kota Tua. Petugas mengimbau para pengunjung Kota Tua mematuhi protokol kesehatan. Razia akan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Reporter iNews Miftahul Gani TamanImpianJayaAncol Ancol KotaTua Covid19 JakartaBarat

    30 Oktober 2020