Menelusuri Jejak Mataram Kuno di Dataran Tinggi Dieng

okezone, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 07:08 WIB
Dataran tinggi Dieng tak hanya menyajikan pesona matahari terbit, danau indah dan panorama khas pegunungan. Di tempat ini juga terdapat jejak kerajaan Mataram Kuno. Yaitu deretan candi dengan arsitektur unik. Cocok untuk spot berburu foto karena berlokasi di satu tempat dengan hamparan rumput hijau dan latar pegunungan. 
 
Salah satunya adalah Candi Arjuna, lokasi sentral pelaksanaan Dieng Culture Festival setiap tahunnya. Candi Hindu ini berada di Kompleks Percandian Arjuna, yang juga merupakan kompleks untuk sejumlah candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.
 
Candi Arjuna berukuran 6x6 menghadap ke barat. Ukurannya memang tidak begitu besar. Namun bentuknya dengan bagian atap yang mengerucut membuat bangunan ini menarik untuk spot foto.
 
Kompleks ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Tapi Kompleks Percandian Arjuna baru ditemukan pada abad ke-18 dalam kondisi tergenang air. Lokasinya berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. (Foto: Rachmat Fazhry/Okezone)

(okezone)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini