Peneliti Lakukan Sensus Ikan Pari Manta yang Terancam Punah di Raja Ampat

Ali Masduki, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 09:44 WIB

Peneliti melakukan pengambilan foto identitas (ID) Pari Manta, di Manta Ridge, Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Selat Dampier, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (25/11/2021). Pengambilan foto ID tersebut untuk melakukan sensus populasi Pari Manta, salah satu kriteria biota laut yang dilindungi karena terancam punah.

 

Manajer Proyek COREMAP CTI Paket 3, Riyan Heri Pamungkas, mengatakan bahwa sensus populasi Pari Manta ini merupakan pelaksanaan dari proyek Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP – CTI).

 

Program proyek pencontohan di TNP Laut Sawu dan Raja Ampat berjudul “Integrasi Kebijakan Berbasis Sains dalam Mendukung Konservasi dan Pemanfaatan secara Berkelanjutan Spesies yang Terancam Punah", ini didukung oleh dana hibah Global Environment Facility (GEF) melalui World Bank, kerjasama Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) dengan Yayasan Reef Check Indonesia.

 

Kegiatan ini telah berjalan sejak bulan Mei tahun 2021. Dalam pelaksanaanya, Yayasan Reef Check Indonesia kerja bersama dengan Otoritas Pengelola Kawasan Konservasi di Raja Ampat, yaitu BLUD UPT KKP & BKKPN Kupang

 

Terpelihara dan terjaganya spesies dilindungi (Pari Manta) diharapkan dapat memberi dampak langsung pada masyarakat, terutama dalam penguatan bisnis wisata berbasis spesies. 

 

Diketahui, Raja Ampat terkenal tempat agregasi terbesar kedua Pari Mant di dunia setelah Maldives.

 

(Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki).

(Ali Masduki)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini